Merubah Loteng Rumah Menjadi Ruangan

Merubah Loteng Rumah Menjadi Ruangan - Ruangan rumah anda mungkin sudah tidak cukup lagi untuk menciptakan kenyamanan karena rumah terasa sempit akibat kurangnya ruangan. Sehingga anda merasa ingin pindah rumah dan anda harus menyediakan uang yang cukup banyak untuk membeli rumah baru.

Merubah Loteng Rumah Menjadi Ruangan
Loteng yang disulap menjadi ruangan (Ilustrasi)
Mungkin ada bisa memanfaatkan bawah atap atau loteng sebagai ruangan tambahan. Loteng rumah bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur dan ruangan untuk bersantai bagi keluarga.

Namun ada yang harus anda perhatikan ketika ingin mengalihfungsikan bagaina rumah yang satu ini. Berikut ulasan yang Mau Info Dong! berikan untuk anda semua.
  1. Ketinggian atap (titik atas plafon hingga titik bawah rangka atap), idealnya tak kurang dari 2,4m. Tapi, jika pengguna ruangnya anak-anak, ketinggian 2m juga sudah bisa dimanfaatkan untuk ruangan bar.
  2. Tambahkan insulasi panas pada genteng. Bisa dengan memasang aluminium foil, glasswool, atau polyurethane tepat di bawah lapisan reng dan genteng. Jika memungkinkan pilih gentingnya yang juga dapat mereduksi panas.
  3. Cek konstruksi bangunan dan dinding atap, apakah struktur bangunan masih baik atau tidak. Sebaiknya tidak menggunakan rangka baja ringan, karena kuda-kuda baja ringan berjarak rapat, yaitu 1m-1,5m. Beda halnya dengan kuda-kuda kayu atau beton. Kuda-kuda kayu atau beton memiliki jarak sekitar 3m-4m. Jarak ini cukup leluasa bila dimanfaatkan sebagai ruangan.
  4. Pilih material lantai yang ringan seperti kayu. Hanya saja, jangan lupa beri anti rayap dan di-coating karena material ini cukup rentan terhadap serangan rayap.
  5. Akses ke bawah harus aman serta nyaman. Bila ukuran rumah terbatas, Anda bisa mempergunakan tangga lingkar yang hanya berukuran 120cmx120cm atau tangga fabrikasi yang khusus didesain untuk tangga ke loteng yang bisa dilipat saat tidak digunakan.
Tips Merubah Loteng Rumah Menjadi Ruangan merupakan sebagian tips dan mungkin anda punya pendapat lain silahkan tinggalkan komenter di kolom dibawah.
Share on Google Plus

About Arief Suseno

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar