Penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Penyebab Berkurangnya Daya Ingat  - Kehilangan daya ingat otak merupakan hal yang sangat merugikan bagi seseorang. Lupa akan suatu kejadian, peristiwa, masa lalu dan juga kombinasi antara keduanya.

penyebab berkurangnya daya ingat
Berkurangnya Daya Ingat (Ilustrasi)
Daya ingat seseorang bisa mengalami penurunan. Ingatan seseorang layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik. Daya ingat membutuhkan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuang mengingat.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat diikuti untuk menjaga daya ingatan tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar dapat membantu dana memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat anda.

Penyebab daya ingat berkurang
Kualitas daya ingat seseorang tidak hanaya bergantung pada pendidikan, lingkungan belajar dan lingkungan fisik dimana ia hidup, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hidupnya (misalnya kehilangan orang yang dicintai). Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan peran yang sangat penting.

Faktor lain yang memyebabkan menurunnya daya ingat adalah :

Tidur

Ternyata ada hubungan langsung antara kurang tidur, insomnia dan berkurangnya daya ingat. Tidur malam yang cukup sangat penting bagi berfungsinya ingatan kita. Penelitian telah menunjukan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimumnya.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan persyaratan tidur untuk tubuh kita. Jika kita mendapatkan cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjajdi lebih baik tetapi kita juga kakan mempu mengatasi stres sehari-hari.

Depresi
Depresi merupakan penyebab yang melemahkan daya ingat. Depresi saat ini telah menjadi penyakit yang sangat umum. Hla ini dapat terjadi pada semua usia. Ada banayk penyebab yang dapat menyebakan depresi. Peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat.

Dalam kasus depresi, penting untuk mencari bantuan dan nasehat dari dokter berkualitas. Obat depresi yang tepat memungkinkan pemulihan daya ingat.

Penyakit tiroid
Penyakit tiroid mempengaruhi sejumlah besar orang dan memiliki efek negatif pada daya ingat. Diagnosis awal pada penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat. Penyakit tiroid dapat terjadi pada semua usia.

Diabetes
Diabetes telah menjadi bencana yang cukup menakutkan didunia. Banyak pasien yang tidak mengobati diabetesnya dengan baik. Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.

Pengobatan yang tepat dan pengendalian terhadap diabetes akan meningkatkan daya ingat. Penyakit kronis lainnya seperti pada hati, paru-paru dan ginjal juga mempengaruhi daya ingat dan kerusakan lebih lanjut.

Alkohol dan Obat-obatan
Kecanduan alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan penurunan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya.

Para pecandu alkohol pada awalnya memiliki masalah dengan daya inat jangka penduk, kemudian amnesia ini diperparah dengan masalah daya ingat jangka panjang

Komsumsi alkohol skalas sedang atau setara dengan 1 sampai 2 gelas untuk laki-laki dan 1 gelas untuk wanita setiap hari tidak membahayakan otak. Sebaliknya komsumsi alkohol yang berlebihan adalah racun bagi otak dan daya ingat.

Obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misanya obat ekstasi menyebabkan kerusakan pada daya ingat.

Kekurangan Vitamin B12
Kurangnya vitamin tentunya juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Diet yang seimbang memberikan tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan

Vitamin B12 ditemukan pada ikan, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.

Apakh anda mendapati Penyebab Berkurangnya Daya Ingat seperti diatas? sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan dan mencegahnya. Sekian tips dari Mau Info Dong!, silahkan tinggalkan komentar apabila anda memiliki informasi lainnya.
Share on Google Plus

About Arief Suseno

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar